Pengertian,
Tujuan, dan Fungsi Evaluasi Pendidikan
1.
Pengertian
Evaluasi Pendidikan.
Evaluasi pendidikan menurut Bloom et.al adalah pengumpulan
kenyataan secara sistematis untuk menetapkan apakah dalam kenyataannya terjadi
perubahan dalam diri siswa dan menetapkan sajauh mana tingkat perubahan dalam
pribadi siswa.
Dua langkah yang dilalui sebelum mengambil sebuah keputusan, itulah
yang disebut pengadaan evaluasi, yakni pengukuran
dan penilaian.kita dapat
mengadakan penilaian sebelum mengadakan pengukuran.
Disini mengukur adalah
membandingkan sesuatu dengan suatu ukuran (bersifat kuantitatif).Sedangkan
menilai adalah mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruknya
(penilaian bersifat kualitatif). Maka dari itu dapat di simpulkan bahwa Evaluasi
itu adalah kegiatan yang terdiri dari pengukuran daln penilaian.
Dalam evaluasi pendidikan atau pembelajaran di sekolahan dapat digambarkan
adanya input (bahan mentah yaitu calon siswa yang akan masuk sekolah),
transformasi (mesin yang bertugas mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi
dalam istilah pendidikan sekolahlah yang di sebut transformasi), dan output
(bahan jadi yang dihasilkan oleh transformasi) ada pula yang di sebut dengan
umpan balik (segala informasi baik yang menyangkut output maupun transformasi).
Oleh karena itu Evaluasi di sekolahan meliputi: Calon siswa,
lulusan, dan proses secara menyeluruh.
2.
Tujuan
Evaluasi Pendidikan.
Pendidikan disebuah lembaga pendidikan sangat diperlukan adanya evaluasi
kerena hal tersebut dapat memajukan lembaga dan proses pendidikan di sekolahan
itu.
Manfaat atau tujuan diadakannya evaluasi pendidikan adalah:
a.
Bagi
siswa.
Dengan diadakannya
evaluasi atau penilaian maka siswa dapat mengetahui apakah hasil pekerjaannya
memuaskan atau tidak.
b.
Bagi
guru.
Ø Guru akan mengetahui siswa mana yang berhak melanjutkan dan mana
tang tunda atau tinggal.
Ø Guru akan mengetahui apakah materi yang di ajarkan suadah tepat
atau belum.
Ø Guru akan mengetahui apakah metode yang gunakan untuk mengajar
sudah tepat atau belum.
c.
Bagi
sekolahan.
Ø Sekolahan dapat mengetahui kondisi belajar yang ada di sekolahan
sudah tepat atau belum.
Ø Informasi dari guru tentang tepat tidaknya kurikulum sesuai
tidaknya .
Ø Informasi penilaian yang diperoleh dari tahun ketahun, sehingga dapat
digunakan sebagai pedoman.
Tujuan utamanya
dalam proses belajar mengajara adalah mendapatkan informasi yang akurat
mengenai tingkat tujuan instruksional oleh siswa, sehingga dapat di upayakan tindak
lanjutnya.
3.
Fungsi
Evaluasi Pendidikan.
Fungsi evaluasi ada beberapa hal :
a.
Evaluasi
berfungsi selektif.
Guru mempunyai
cara untuk megadakan seleksi bagi calon siswa, untu memilih siswa naik tidaknya
ke tingkat lanjut, untuk memilih siwa yang seharusnya dapat biasiswa, untuk
memilih siswa yang berhak meninggalkan sekolah.
b.
Evaluasi
berfungsi diagnostik.
Guru akan
mengetahui kelemaha-kelemahan pada siswa dan tahu penyebabanya serta mengetahui
bagaiman cara mengatasinya.
c.
Evaluasi
berfungsi sebagai penempatan.
Guru dapat
menmpatkan siswanya yang mempunyai kemempuan yang sama dan kelompok yang sama.
d.
Evaluasi
berfungsi sebagai pengukuran keberhasilan.
Hal ini
bermaksud utuk mengetahui sejauh mana keberhasilan suatu program.
Fungsi
evaluasi dalam proses pengembangan sistem pendidikan dimaksud untuk:perbaikan
sistem, pertanggung jawaban terhadap pemerintah dan masyarakat, penentuan
tindak lanjut hasil pengembangan.
sankyuu..membantu sekali artikelnya,, izin copas yah senpai.. :D
BalasHapusokey, semoga manfaat!!
Hapusmakasih
BalasHapusmakasih
BalasHapusmakasih
BalasHapusMksoh
BalasHapussayang banget ngga ada daftar pustakanya
BalasHapusterimakasih
BalasHapusKurang gereget
BalasHapusKurang gereget
BalasHapusKenapa kesimpulannya tidak ada ni ?????
BalasHapusKenapa kesimpulannya tidak ada ni ?????
BalasHapusTerimakasih.
BalasHapusKunjungi juga halaman saya di:
Fungsi Evaluasi
terima kasih ya bang
BalasHapus